14 Armada Trans Jateng Diluncurkan, Rute Solo-Sumberlawang Sragen

Selasa, 01 September 2020 : 15:02
Bus Trans Jateng

Radarpos.com, Surakarta — Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng meluncurkan 14 unit bus Trans Jateng dengan rute Terminal Tipe A Tirtonadi Solo sampai Terminal Sumberlawang, Sragen.

Peluncuran secara simbolis dilakukan dengan melepas bus di Terminal Tirtonadi Solo, Selasa (1/9).

“Total ada 14 unit armada bus Trans Jateng yang kami luncurkan hari ini (Selasa). Pembagiannya, 7 unit stanby di Terminal Titonadi Solo dan 7 unit stanby di Sumberlawang, Sragen,” ujar Sekretaris Dishub Jateng, Henggar Budi Anggoro kepada media.

Dikatakan, pada awal layanan jumlah armada yang dioperasikan sebanyak 14 bus dengan kapasitas maksimal 40 penumpang. Namun, selama pandemi Covid-19 ini kapasitas penumoang dibatasi maksimal 25 orang dan kemungkinan akan dikurangi lagi menjadi 20 orang.

“Situasi masih pandemi dan kami harus terapkan protokol kesehatan. Kapasitas penumpang hanya kami batasi 20 orang,” kata dia. Dengan pembatasan kapasitas penumpang, kata dia, harapannya dengan operasional ini bisa memberikan layanan kepada masyarakat yang aman, lancar, dan kesehatan terpenuhi.

Menurut dia, armada tersebut dioperasikan dengan sistem beli layanan, sehingga tidak akan dikenakan target setoran. “Nantinya seluruh pendapatan akan disetorkan ke kas daerah. Bus Trans Jateng dikelola konsorium yang terdiri dari gabungan 6 PO (perusahaan otobus),” jelasnya.

Ia mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi bus selama melayani penumpang. Kalau ada bus Trans Jateng ugal-ugalan dan menerobos lampu merah segera laporkan petugas Dishub katanya. (R-01)

Bagikan

RadarposTV