Upacara HUT RI Ke 75 di Sekolah Sang Proklamator Kemerdekaan SMPN 2, Wali Kota Mojokerto Ning Ita Resmikan Patung Soekarno Kecil

Kamis, 20 Agustus 2020 : 07:01
Poto Bersama Forkompinda Kota Mojokerto

Radarpos.com, Mojokerto - Pemerintah Kota Mojokerto melaksanakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia (RI) di SMP Negeri 2 Kota Mojokerto, dipimpin langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Senin (17/8/2020).

Salah satu sekolah menengah pertama yang ada di Kota Mojokerto tersebut, tidaklah lepas dari kenangan dan sejarah bagi warga Kota Mojokerto.

Di sekolah yang dulunya dikenal sebagai Europesche Lagere School (ELS) tersebut merupakan tempat Sang Proklamator Kemerdekaan mengenyam pendidikan pada tahun 1911.

“Tempat ini, telah menjadi kebanggaan kita bersama masyarakat Kota Mojokerto, bahwa Sang Proklamator Ir. Soekarno atau Kusno pernah tinggal selama delapan tahun lebih dan mengenyam pendidikan di Kota Mojokerto. Salah satunya di sekolah ini, yang dulu disebut sebagai ELS. Untuk itu, kami ingin merayakannya kebahagiaan ini di sini,” jelas Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.

Upacara peringatan HUT RI ke-75 tahun tersebut, dilaksanakan secara hikmat bersama seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dharma Wanita Persatuan dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Usai melaksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan, wali kota juga meresmikan patung Soekarno kecil di SMPN 2. Patung Soekarno kecil ini merupakan tanda bahwa sosok sang Proklamator Kemerdekaan pernah menempuh pendidikan selama menetap di Kota Mojokerto.

“Kami ingin kebanggaan yang dimiliki warga Kota Mojokerto ini, dapat menjadi semangat dan motivasi bagi kita semuanya. Bagaimana kita dan anak-anak generasi melanjutkan perjuangan sang Proklamator melalui semangat Spirit of Majapahit.

Kita semua ingin membangun Mojokerto ini, sebagai kota yang memiliki kebanggaan dan kemajuan bagi wilayah Jawa Timur khususnya,” harap Wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto itu.

Di tengah acara peringatan hari kemerdekaan, Ning Ita mengajak seluruh jajaran Forkopimda untuk membagikan masker kepada masyarakat.

Melalui gerakan berbagai masker, sebanyak 75 ribu masker berwarna merah putih dibagikan kepada pengendara jalan sebagai bentuk ajakan dan kepedulian terhadap kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sejak beberapa bulan lalu. (ADV)

Bagikan

RadarposTV