Sumijati, S.Sn Jiwa Seni Tidak Bisa Ditingalkan Walau Sekarang Sekretaris Kelurahan Tegalharjo

Rabu, 19 Agustus 2020 : 16:52
Sumijati, S.Sn Sekretaris Kelurahan Tegalharjo Jebres.

Radarpos.com, Surakarta - Wanita yang paruh baya ini ketika dikonfirmasi di Kantornya di Kelurahan Tegalharjo, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah. Kepada awak media Radar Pos.com mengatakan bahwa dirinya pertama kali di Angkat jadi Pegawai adalah Dinas Budaya dan Pariwisata karena sarjana seni sejak tahun 2005 sampai 2017.

Kemudian tahun 2017 sampai sekarang pindah di Kelurahan Tegalharjo sebagai Sekretaris Kelurahan (Sekel) sampai sekarang terang Sumijati .diakui bahwa dirinya basic nya adalah penari .karena lulusan ISI Solo.

Dan dirinya juga tidak tahu diberikan amanah oleh Walikota Solo hingga sampai sekarang hampir tiga tahun .dan setelah di tempat ini merupakan pekerjaan baru karena dari Penari sekarang jadi Sekretaris Kelurahan yang punya pegang peran di Kelurahan Tegalharjo terangnya.

Tapi yang paling mengesankan adalah bidang kemasyarakatan ,dengan modal seorang seni ternyata mudah untuk bergaul dengan warga masyarakat.karena basic Seni dan Sekel Tegalharjo bisa dipadukan Kebetulan Kelurahan mendapat Gamelan, akhirnya Gamelan tersebut diolah dengan warga termasuk Paguyuban dengan cara merekrut satu- satu.

Dan dirinya juga melatih warga akan Gamelan itu ,setelah dilatih warga juga sudah bisa, maka bisa mendukung Event-even yang ada.termasuk kegiatan Musrenbangkel,kegiatan pisah sambut lurah dan sebagainya.even yang ada di Tegalharjo selalu menampilkan yang terbaik.

Sebagai orang Jawa ya harus menyukai kesenian jawa terang Ibu dua anak ini, dan berusaha melestarikan budaya jawa. akhirnya warga ternyata juga senang kalau dulunya pelatihnya yang ngoyak-oyak sekarang dibalik warganya yang ngoyak-ouyak.karena senangnya untuk latihan.

Memang Program Walikota adalah semua Kelurahan ada Gamelan, namun karena Pandemi ini mungkin Tegalharjo yang terakhir kali.memang sudah ada beberapa kelurahan yang sudah dapat Gamelan.antara seni dengan Sekel pekerjaan yang beda jauh maka dengan jiwa seninya muncul akhirnya dicurahkan dengan warga kalau di wayang terus ada Inovasi dan sebagainya.

Sebagai orang panggung ibarat wanita malam, maka terus saja melakukan kegiatan sampai sekarang, masih susah untuk tidur sore,ada kegiatan rapat dikelurahan malam hari, ada latihan –latihan atau Koes plusan dirinya mengikuti .sampai sak ngantuknya.

Kantor Kelurahan Tegalharjo.

Wanita yang satu ini duluya punya cita-cita jadi guru ,memang sejak kecil sudah dilatih seni,sudah kecil sudah kursus tari,dirinya juga pernah magang di SD ,bagai mana cara menghadapi anak-anak didik sejak tahun 97 sampai 2005. kemudian diangkat Pegawai .dirinya menerima dengan tulus iklas semua pekerjaan yang diterima.

Namun karena punya keinginan yang kuat dimanapun ditempatkan wanita yang energik dan cantik ini bisa melakukanya.terangnya.karena separo jiwanya adalah Seni .mendirikan Botekan “Ringin Semar “kelurahan Tegalharjo termasuk kostum semar yang jumlahnya ada 33 biji.dirinya juga tidak lupa ucapan terima kasih Kepada Walikota Solo FX Rudi Hadiatmo.

Dirinya juga merasa punya tantangan kepada Warga yang beraneka ragam .dirinya juga puas adanya Ketoprak Tegalharjo yang cukup luar biasa, sebagai Sutradara dan Pelatih juga .kuncinya adalah Kedisiplinan selama tiga tahun di Tegalharjo cukup kondusif dan aman. (R-01)

Bagikan

RadarposTV