Kabupaten Karanganyar Zona Merah, Pembelajaran Tatap Muka Pada September Batal Dilakukan

Kamis, 27 Agustus 2020 : 06:00
Bupati Karanganyar

Radarpos.com, Karanganyar - Rencana pembelajaran tatap muka peserta didik di Kabupaten Karanganyar pada awal September 2020 batal terlaksana. Alasannya, Karanganyar zona merah Covid-19.

“Posisi Karanganyar ini zona merah. Itu sesuai 15 indikator yang dihitung melalui aplikasi. Di zona merah dilarang melakukan pembelajaran tatap muka,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono kepada wartawan usai menggelar rapat kerja dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di kantornya, Senin (24/8).

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar itu pesimistis zona Covid-19 di Kabupaten Karanganyar akan berubah menjadi oranye atau bahkan kuning sebelum September, agar bisa mulai pendidikan tatap muka.

Padahal persiapan mendekati matang. Misalnya format izin orangtua wali murid dan komite sekolah terkait rencana itu.

Dengan melihat angka kasus Covid-19 cukup tinggi di Karanganyar maupun kabupaten/kota dan secara nasional, ia mengurungkan niatnya. Ia belum bisa memprediksi kapan pembelajaran tatap muka dimulai.

“Sampai September pun, saya tidak yakin angka Covid-19 bisa turun. Pastinya lambat tapi naiknya cepat. Saya tidak akan ambil risiko membuka pendidikan tatap muka. Meski orangtua siswa mendesaknya, saya tetap tidak mengizinkan,” katanya.

Dengan kondisi demikian, pembelajaran jarak jauh bersistem daring maupun luring tetap berlangsung. Hanya saja, ia berpesan agar guru jangan membebani siswa dengan tugas terlalu banyak.

Ia menjamin seluruh SD dan SMP sederajat mengikuti instruksinya. Juliyatmono menganggap mustahil melakukan pembatasan aktivitas di tengah upaya meningkatkan geliat ekonomi. Ia hanya berpesan masyarakat menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. (R-01)

Bagikan

RadarposTV