Pembinaan Sanitasi Hygiene Masyarakat Nelayan Kabupaten Trenggalek

Rabu, 08 Juli 2020 : 06:13



Radar Pos.com.Surabaya-Penyebaran dari virus covid-19 kian meluas dan menjadi topik permasalahan nasional bahkan internasional bahkan memberikan dampak perekonomian tidak terkecuali sektor perikanan dan kelautan. Meluasnya penyebaran virus covid-19 akan berimplikasi buruk terhadap ekonomi yang melambat secara global apabila tidak segera ditangani dengan baik. Pelambatan ini ditandai dengan melemahnya permintaan dalam negeri seiring dengan menurunnya sentimen bisnis dan konsumen.

 Mengingat betapa besarnya dampak dari covid-19 terhadap sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Jawa Timur, perlu segera diantisipasi oleh pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dan kota. Salah satu langkah yang dilakukan adalah melakukan pembinaan kepada seluruh keluarga khususnya pada keluarga nelayan terdampak.

 Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Perikanan Tangkap turut andil dalam pencegahan beserta pembinaan sanitasi hygiene kepada nelayan dengan memberikan bantuan khusus untuk nelayan pesisir yang berada di Kabupaten Trenggalek. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.
 
Lokasi pemilihan pembinaan tersebut merupakan usulan dari Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek, “Pemilihan lokasi pembinaan tentunya juga kami prioritaskan karena dari total nelayan Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 9.000 orang, 3.000 orang nelayan terdapat di desa Tasikmadu ini”, ujar Ir. Cusi Kurniawati, M.Si selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek. Produksi perikanan tangkap kecamatan Watulimo dengan adanya Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi tak kurang dari 25.000 ton/tahun.

 Hal ini tentunya memberikan dampak yang signifikan pada perputaran roda ekonomi apabila masyarakat nelayan terdampak covid 19 ini. Oleh karena itu para pemangku kepentingan bersama melakukan tindakan pencegahan dan usaha memutus mata rantai penyebaran covid 19.

penerima bantuan
Bantuan yang diberikan kepada nelayan berupa masker, sprayer,cairan desinfektan, tempat cuci tangan portable, sabun cuci tangan serta banner dan spanduk peringatan bahaya covid 19. Masyarakat nelayan diberikan pengetahuan cara hidup bersih dan sehat untuk mencegah penyebaran Covids-19,  selanjutnya dilanjutkan dengan simulasi cara pembuatan desinfektan baik menggunakan alami ataupun menggunakan bahan kimia yang aman. Kegiatan ini selain dihadiri oleh nelayan setempat, juga dihadiri oleh perangkat desa setempat, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek dan Kepala Seksi Kenelayanan DKP Provinsi Jawa Timur, dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan covid-19. 

 “Dengan adanya pembinaan sanitasi hygiene bagi masyarakat nelayan ini, kami harap masyarakat nelayan kian siap dan sigap menghadapi new normal dengan mematuhi protokol kesehatan. Hal yang sebelumnya kita anggap sederhana namun berdampak besar perlu kita biasakan seperti mencuci tangan. Karena masyarakat nelayan adalah ujung tonggak bagi sendi perekonomian di bidang perikanan.”, ujar Hardono Ismanto, SE selaku kepala Seksi Kenelayanan DKP Prov. Jatim.

(*)
Bagikan

RadarposTV