Pemprov Jateng Raih Opini WTP, DPRD Beri Apresiasi

Minggu, 07 Juni 2020 : 09:23
Wakil Gubernur Jateng
Radarpos.com, Semarang - Fraksi-fraksi di DPRD Jawa Tengah mengapresiasi Gubernur Ganjar Pranowo dalam menyampaikan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019.

Di antara apresiasi mereka karena pengelolaan keuangan mendapatkan raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Seperti dilansir laman jatengprov.go.id, Jumat (5/6), Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman membuka rapat paripurna yang dihadiri Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen, sejumlah anggota dewan dan pejabat yang juga hadir secara virtual.

Agenda rapat kali itu pemandangan umum fraksi terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020.

Juru bicara Fraksi PKB Muh Zen saat menyampaikan pemandangan umumnya mengapresiasi atas kinerja pengelolaan keuangan daerah Pemerintah Provinsi Jateng di tahun anggaran 2019 yang telah diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan mendapatkan opini WTP.

“Perolehan WTP ini menjadi indikator membaiknya sistem manajemen keuangan daerah Jawa Tengah, di bawah kepemimpinan Saudara Ganjar Pranowo,” kata Zen.

Meski demikian pihaknya tetap memberikan catatan yang nantinya menjadi sarana peningkatan kualitas kinerja pemerintah daerah Provinsi Jawa Tengah.

Seperti kondisi perekonomian secara umum, di antaranya penanganan inflasi, penurunan penduduk miskin. Termasuk faktor kesehatan, hingga pendidikan yang saat ini memperlihatkan perkembangan positif.

Hal senada disampaikan juru bicara Fraksi Partai Gerindra Sukardiyono. Fraksinya berharap ke depan akan ada peningkatan, baik dari segi akuntabilitas maupun transparansi. Sehingga tercipta aparatur yang bersih dan berwibawa, untuk menuju Jawa Tengah yang sejahtera dan berdikari.

Tak jauh beda, juru bicara dari Fraksi PPP Inna Hadianala juga menyampaikan, setelah pihaknya mempelajari laporan Raperda yang disampaikan Gubernur, fraksinya mengapresiasi atas kinerja keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah selama 2019.

Bahkan, laporan keuangan pemprov mendapat penilaian WTP untuk kali kesembilan dari BPK.

“Fraksi PPP juga mengapresiasi atas kenaikan Pendapatan Asli Daerah dari Rp 24,70 triliun pada 2018, menjadi Rp 25,86 triliun pada 2019. Tepuk tangan dulu untuk Jawa Tengah,” bebernya.

Juru bicara Fraksi Partai Demokrat Prayogo Nugroho menekankan, opini WTP wajib dipertahankan dan terus ditingkatkan di masa depan.

(R-01)
Bagikan

RadarposTV