Kisah Perjalanan Jokowi dengan Iriana hingga Jadi Presiden

Senin, 22 Juni 2020 : 07:27
Presiden Jokowi di usia 59 tahun
Radarpos.com - Merayakan ulang tahun 59 Jokowi tersebut dengan memberikan ucapan selamat. Sukses Jokowi dikenal sebagai Presiden ke-7 Indonesia yang berasal dari Solo, Jawa Tengah.

Biodata
Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961. Ia kini diketahui genap berusia 59 tahun. Jokowi lahir dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi.

Ia merupakan anak sulung dan putra satu-satunya dari empat bersaudara. Jokowi memiliki tiga orang adik perempuan bernama Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati. Ia sebenarnya memiliki seorang adik laki-laki bernama Joko Lukito, tetapi meninggal saat persalinan.

Masa Kecil
Joko Widodo memiliki nama kecil Mulyono hingga kemudian berganti nama. Pendidikannya diawali dengan masuk SD Negeri 112 Tirtoyoso. Setelah lulus SD, ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta.

Keluarga Presiden Jokowi
Sejak usia 12 tahun, Jokowi kerap membantu ayahnya yang berprofesi sebagai tukang kayu yang menjadi bekal baginya kelak untuk menjadi pengusaha mebel. Ketika ia lulus SMP, ia sempat ingin masuk ke SMA Negeri 1 Surakarta, namun gagal sehingga pada akhirnya ia masuk ke SMA Negeri 6 Surakarta.

Anggota Mapala hingga jadi pebisnis
Jokowi anak Mapala
Dengan kemampuan akademis yang dimiliki, Jokowi berhasil diterima di Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Kesempatan ini dimanfaatkannya untuk belajar struktur kayu, pemanfaatan, dan teknologinya.

Ia berhasil menyelesaikan pendidikannya dengan judul skripsi "Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta".

Selain kuliah, ia juga tercatat aktif sebagai anggota Mapala Silvagama. Setelah lulus kuliah pada 1985, Jokowi sempat bekerja di BUMN PT Kertas Kraft Aceh, dan ditempatkan di area Hutan Pinus Merkusii di Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah.

Namun ia merasa tidak betah dan pulang menyusul Iriana yang saat itu sedang hamil tujuh bulan.

Jokowi bertekad berbisnis di bidang kayu dan bekerja di usaha milik pamannya, Miyono, di bawah bendera CV Roda Jati. Pada tahun 1988, ia memberanikan diri membuka usaha sendiri dengan nama CV Rakabu, yang diambil dari nama anak pertamanya.

Mengalami naik turun hingga sempat tertipu, Jokowi akhirnya sukses menjadi pengusaha hingga kemudian terjun ke dunia politik.

Perjalanan politik hingga jadi Presiden ke-7
Kehidupan pribadi
Iriana yang merupakan sahabat dekat dari adik Jokowi, kerap main ke rumah kakek dari Jan Ethes itu. Hingga kemudian Jokowi yang berstatus mahasiswa dan Iriana yang masih SMA saling jatuh hati.

Setelah berpacaran selama kurang lebih empat tahun, mereka akhirnya menikah di Solo, 24 Desember 1986. Pasangan ini dikaruniai tiga orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka (1988), Kahiyang Ayu (1991), dan Kaesang Pangarep (1995).

Jokowi dan Iriana telah memiliki tiga cucu yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, anak dari Gibran, serta Sedah Mirah Nasution, anak dari Kahiyang Ayu.

Karier politik
Karier politik Jokowi dimulai dengan menjadi Wali Kota Surakarta pada tahun 2005. Namanya mulai dikenal setelah dianggap berhasil mengubah wajah Kota Surakarta menjadi kota pariwisata, kota budaya, dan kota batik.

Dua tahun menjalani periode keduanya menjadi Wali Kota Solo, Jokowi ditunjuk oleh partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), untuk bertarung dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Pada tanggal 20 September 2012, Jokowi berhasil memenangi Pilkada Jakarta 2012.

Semenjak terpilih sebagai gubernur, popularitasnya terus melambung dan menjadi sorotan media. Jokowi kemudian maju dalam Pemilu Presiden 2014 dan terpilih Presiden ke-7 Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014.

Ia terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla. Jokowi menjadi Presiden Indonesia pertama sepanjang sejarah yang bukan berasal dari latar belakang elite politik atau militer Indonesia.

Ia kembali terpilih bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam Pemilu Presiden 2019 Semoga lima tahun kedepan bisa sukses dan lancar memimpin Ngara Kesatuan Republik Indonesia

(Team)
Bagikan

RadarposTV