UAS Tanggapi Soal Isu Dukhan Pertanda Kiamat pada 15 Ramadan 1441 H

Sabtu, 09 Mei 2020 : 08:31
Radarpos.com - Publik belakangan ini digegerkan dengan beredarnya isu fenomena dukhan, yakni kabut tebal yang akan terjadi pada 15 Ramadan atau hari ini, Jumat (8/5).

Dukhan sendiri diyakini sebagai tanda-tanda datangnya hari kiamat sesuai dengan penjelasan dalam Alquran. Kendati begitu, Alquran tak menjelaskan dengan gamblang tentang kapan terjadinya dukhan.

Rupanya pembahasan tentang fenomena dukhan sudah dibahas oleh Ustaz Abdul Somad (UAS) sejak lama sebelum Ramadan tiba. Namun UAS menegaskan bahwa tak ada seorang pun yang tahu kapan kiamat terjadi kecuali Allah SWT.

"Kalau nanti terjadi pertengahan Ramadan, akan terjadi begini-begini. Setelah dihitung hitung hitung, ternyata pertengahan Ramadan yang ada Jumatnya itu nanti di Ramadan 1441 H (2020)," ungkap UAS dalam kanal YouTube Taman Surga pada 23 Februari 2020 lalu.

"Apakah itu akan terjadi? Wallahu alam bishawab. Mana kita tahu, dia belum terjadi."

Lebih lanjut, UAS juga meminta masyarakat untuk bersiap-siap dengan kemungkinan apapun. Terutama bersiap-siap dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan serta memperbanyak ibadah dan amalan baik.

"Tapi kita bersiap-siap, perlu. Andai terjadi, kita sudah siap. Nanti kalau dengar ceramah yang modelnya prediksi, orang bilang akan seperti ini, seperti ini, siap-siap aja," sambung UAS.

"Apa salahnya siap-siap? Tapi andai tak terjadi pun, kita sudah siap. Wallahu alam bishawab."

Sama halnya dengan UAS, majelis ulama indonesia (mui) mengatakan bahwa waktu terjadinya fenomena dukhan maupun kiamat hanya diketahui oleh tuhan semata. Sementara itu, fenomena dukhan dikaitkan dengan adanya asteroid yang akan mendekati bumi.

Pusat Sains Antariksa LAPAN, Asteroid 2016 HP6 akan mendekati Bumi pada Kamis 7 Mei pukul 21:48 waktu universal. Jika dikonversi dalam waktu Indonesia maka waktu itu sama dengan Sabtu, 8 Mei pukul 04:48 WIB.

Namun LAPAN memastikan bahwa asteroid ini tidak membahayakan bumi karena jarak lintasnya yang terbilang cukup jauh.

(**)
Bagikan

RadarposTV