Pemerintah Desa Kenteng Tanggap Atasi Covid-19

Selasa, 21 April 2020 : 19:28
Radarpos.com, Grobogan - Berbagai upaya telah dilakukan baik pemerintah pusat, Provinsi maupun kabupaten dalam menanggulangi penyebaran virus Corona Covid 19, salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan ditempat-tempat publik.

Hal ini terjadi juga pada desa Kenteng kecamatan Toroh kabupaten Grobogan melakukan kegiatan di lapangan,dengan cara membagikan masker di pusatkan di pasar desa ”Bago” bagi warga Kenteng.

Eko Budiyanto, kades Kenteng saat dikonfirmasi melalui handphone pada media Radarpos.com membenarkan bahwa penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona Covid 19 tidak bisa dianggap sembarang.

Berbagai upaya telah dilakukan pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan secara massal dan membagikan masker pada warga, agar tetap waspada dan menjaga jarak (sosial distancyng).

“Kita fokus penanganan Covid 19, salah satunya kita ajak warga agar berperilaku hidup sehat. Informasi tentang pencegahan Covid sudah kita sampaikan kepada warga melalui spanduk yang dipasang di jalan dan melalui rapat.

Kegiatan besok dilakukan pembagian Masker secara Gratis dan penyemprotan secara massal. Kita juga melibatkan peran Babinsa dan Babinkamtibmas serta tokoh agama, relawan Covid 19 desa Kenteng serta Karang Taruna,” kata dia.

Sarwito,sekdes Kenteng yang belum lama ini melaksanakan Ibadah Umroh ke tanah Suci mengatakan untuk kegiatan fisik seperti pembangunan makadam di dusun Bendung dusun Turi sementara ditunda terlebih dulu, masih fokus penanganan Covid.

Pihaknya juga menyarankan pada warga Kenteng agar selalu memantau perkembangan pemudik yang merantau dari luar kota, agar melapor kepada pemerintah desa agar dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Kegiatan Fisik sementara kita tunda dulu, masih fokus pada Radar penanganan Covid 19. Kita juga koordinasi sama kadus dan RT agar melapor pada pemerintah desa setiap ada warga Kenteng yang baru pulang dari tanah perantauan seperti Jakarta, agar menghubungi pemerintah desa dan dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari, hal ini memang difokuskan untuk memutus angka penyebaran Covid 19,” ungkapnya.

Pemerintah desa khususnya kades Kenteng juga menyampaikan imbauan kepada warga melalui pesan WhatsApp (WA) menjelaskan untuk memahami gejala pencegahan Virus Corona Covid 19.

Agar warga setiap melakukan kegiatan dilapangan melakukan cuci tangan pakai sabun, gunakan masker apabila batuk atau pilek, konsumsi gizi seimbang dan perbanyak sayur dan buah.

Serta selalu berhati-hati apabila terjadi kontak dengan hewan, serta menjaga pola hidup sehat dengan cara berolahraga dan istirahat yang cukup. Jangan mengkonsumsi daging yang tidak memasak.

Bila batuk pilek dan sesak napas agar segera menuju ke fasilitas kesehatan seperti Puskesmas.

(Yono)
Bagikan

RadarposTV