Program Jatim Agro dan Harmoni jadi Unggulan DKP Jatim

Minggu, 22 Maret 2020 : 05:42
Gubernur dan Wakil gubernur Jatim
Radarpos.com, Surabaya - Setahun kepemimpinan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak di pemprov Jatim.

Disektor Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim mengimplementasikan Jatim Agro dan Jatim Harmoni dalam program atau kegiatan unggulannya.

Kepala DKP Jatim, Gunawan Saleh memaparkan, Nawa Bhakti Satya khususnya Jatim Agro, DKP Jatim melakukan budidaya laut, dengan pemberian bantuan sarana produksi budidaya laut, produksi benih laut, penyiapan induk, penyediaan prasarana budidaya laut dan penguatan kapasitas SDM melalui pelatihan bagi Kelompok Pembudidaya Perikanan (POKDAKAN).

“Selanjutnya, adanya pakan mandiri berupa pemberian bantuan sarana mesin dan bahan baku pembuatan pakan ikan serta pelatihan bagi Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN),” katanya.

Berikutnya Program Pembangunan dan Rehabilitasi Sarana Pelabuhan juga dilakukan dengan penyempurnaan sarana dan perasarana pelabuhan perikanan sehingga nelayan dapat dengan mudah melakukan operasional penangkapan ikan

Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Ikan (SDI), berupa pemulihan Sumber Daya Ikan (SDI) melalui restocking ikan di laut dan perairan umum, daratan serta pembangunan rumah ikan serta pemberian alat tangkap/alat bantu penangkapan ikan.

Asuransi Nelayan, lanjutnya juga penting, DKP Jatim selalu melakukan koordinasi program bantuan premi asuransi nelayan, sosialisasi asuransi nelayan hingga pendampingan klaim asuransi bagi nelayan.

Fasilitasi Penerapan Jaminan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan serta Sertifikasi Produk
Perikanan juga selalu diperhatikan DKP Jatim, dengan fasilitasi sarana pengolahan yang sesuai dengan standarisasi jaminan mutu produk kelautan dan perikanan, bimbingan teknis dan pelatihan serta fasilitasi sertifikasi Halal dan SNI.

Penyediaan Fasilitas Pembiayaan dan Permodalan juga dilakukan dengan memberikan informasi terkait program permodalan oleh Lembaga Keuangan Bank/ Non Bank kepada UMKM Pengolah dan Pemasar melalui business matching, temu modal serta temu bisnis dan investor.

Berikutnya, Jatim Harmoni. Dengan luasan wilayah Jatim, DKP Jatim selalu melangsungkan – Pengawasan Terpadu Patroli perairan laut terpadu bersama – sama dengan Polairud dan TNI AL.

DKP Jatim juga melaksanakan program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) untuk meningkatkan produksi garam rakyat khususnya untuk KUGAR (Kelompok Usaha Garam Rakyat) melalui pemberian bantuan sarana produksi garam rakyat berupa Geomembrane, Rumah Tunnel, Rumah Prisma dan perbaikan jalan produksi.

Program Rehabilitasi Ekosistem Mangrove dan Terumbu Karang dilakukan dengan merehabilitasi ekosistem pesisir dan laut berupa rehabilitasi mangrove/vegetasi pantai dan rehabilitasi terumbu karang.

Terkait penghargaan, DKP Jatim juga telah meraih penghargaan TOP 25 Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jatim Tahun 2019 “BAIK LO JATIM (Bank Ikan Lokal Jatim)” oleh Gubernur Provinsi Jatim.

Selanjutnya, diberikan penghargaan GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) kepada DKP Jatim di wakili oleh Plt. Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim sebagai penggerak kegiatan GEMARIKAN terbaik kategori pemerintah daerah dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang diserahkan oleh Ketua PKK Nasional Ibu Tri Suswati Tito Karnavian.

Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Jatim yang langsung diwakili oleh ketua FORIKAN Jatim Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak menerima penghargaan sebagai penggerak kegiatan gemarikan terbaik kategori FORIKAN dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang diserahkan oleh Ibu Lis Rosita Dewi Edhy Prabowo.

Dan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pemecahan rekor MURI Penyajian 11.021 Ekor bandeng Presto dalam rangka kegiatan Hari Ikan Nasional di Parkir Timur Plaza Surabay.

(*)
Bagikan

RadarposTV