SMP Negeri 2 Mojogedang Peningkatkan Pendidikan Karakter (PPK)

Jumat, 21 Februari 2020 : 07:55
Radarpos.com, Karanganyar - Sekolah Menengah Pertama yang satu ini memang berupaya meningkatkan kedisiplinan dan karakter pada siswa yang mana untuk minggu pertama adalah Jum’at Rohani artinya di dalam program pembiasaan diberikan pada siswa setiap hari jum’at pada jam pertama dan jam Kedua.

Itu sudah terjadwalkan diantaranya jum’at Rohani itu diadakan pengajian yang beragama islam untuk yang Nasrani guru yang bersangkutan juga sama tapi ditempat yang berbeda, disini juga ada yang beragama Budha jadi menyesuaikan.

Untuk jum’at Rohani dilakukan sebulan sekali, sedang ustad nya bergilir dan kemarin diisi oleh Drs H Suhud yang juga ayah Bupati Karanganyar. Terkadang juga dari gurunya sendiri tergantung situasi terang Drs. Teguh Jatmiko, MM kepada awak media Radar Pos.

Juga kegiatan yang lain juga ada contohnya sholat duhur berjama’ah. Sedang minggu kedua itu jum’at sehat biasanya dilakukan jalan-jalan siswa bersama guru, sedang jarak tempuh kurang lebih 3 sampai 4 kilo meter.

Untuk minggu ketiga di namakan Jumat Literasi dan pembinaan wali kelas, disitu siswa membaca di dalam kelas atau dibalik wali kelas memotifasi siswa, baik tentang tata tertib sekolah, semangat untuk belajar dan sebagainya.

Setelah dilakukan pembinaan baru membaca buku dari Perpustakaan. Untuk minggu empat istilahnya jum’at Bersih, yang mana siswa bersama guru membersihkan lingkungan kelas terutama, baru lingkungan sekolah.

Karena lahan SMP Negeri 2 Mojogedang lahannya cukup luas ditambahkan Teguh kadang sebulan ada lima minggu maksutnya pada hari jumat itu yang mana digunakan untuk olah raga juga.

Dikatakan oleh pria yang Ganteng ini, hal tersebut dilakukan agar anak terbiasa melakukan yang baik dan positif, hal tersebut dalam rangka pengembangan karakter anak. Budi Pekerti dan sebagainya.

Selain kedisiplinan memang pada jam pertama dan kedua khusus untuk pembiasaan siswa, selain pendidikan akademis juga ditekankan pembiasaan siswa. (PPK) Pendidikan Penguatan karakter.

Untuk bidang Akademis SMP Negeri 2 Mojogedang Cukup lumayan bagus Se kabupaten Karanganyar baik Negeri maupun Swasta tahun kemarin dari 79 sekolah Peringkat 15-16.

Selain tolak ukurnya juga susah dari mana kita menilai, pihaknya juga memotifasi dan memfasilitasi terutama kepada siswa agar bisa berbicara diluar, tidak hanya di sekolahan saja.

Ini juga dalam rangka Ujian Nasional dan kemarin telah dilakukan try out tingkat sekolah dilakukan tes uji coba tapi yang mempersiapkan sekolah.

Dalam rangka menyiapkan besuk bulan April Ujian Nasioal (UN) yang jelas bersama –sama memaksimalkan para pendidik dan siswa secara maksimal. Untuk olah raga cabang Basket yang cukup baik, yang mana ikut andil, kemarin juara I team putri tingkat kabupaten Karanganyar.

Besuk mewakili kabupaten ada 5 Atlit yang diambil dari SMP Negeri 2 Mojogedang. Sukses SMP N 2 Mojogedang terus mengukir Prestasi, semoga bisa menjadi anak yang punya aklak yang mulia. (Ys)
Bagikan

RadarposTV